Tingkatkan Profesionalitas Mentor, LSM Sketsa Gelar Supermen

Edupost, Yogyakarta- Puluhan mentor mengikuti Super Mentor (Supermen) di Aula Bawah Masjid Diponegoro Komplek Balaikota, pelatihan bagi para mentor yang diselenggarakan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) SKETSA, Ahad (30/12).
LSM Sketsa menaungi pelaksanaan kegiatan mentoring di sejumlah sekolah di Yogyakarta. Para peserta pelatihan ini merupakan mentor-mentor dari berbagai SMA, SMK, MAN dan SMP di Kota Yogyakarta.
Syaifullah, pengurus LSM Sketsa mengungkapkan, acara ini bertujuan untuk membekali para mentor agar menjadi mentor yang super.
"Dewasa ini, para mentor dituntut untuk menjadi lebih baik dan lebih profesional lagi dalam fungsinya sebagai guru dan orang tua untuk para mentee (adik binaan mentor)," jelasnya.
Materi yang disampaikan dalam acara Supermen #2 ini mengenai psikologi remaja. "Ada sebuah prinsip dalam menyampaikan kebaikan (berdakwah), yaitu sebisa mungkin mengetahui kondisi, latar belakang, kesukaan dari obyek kita. Maka dari itu, ilmu psikologi remaja sangatlah penting untuk para mentor," lanjut Syaifullah.
Training ini diisi oleh Isnan Hidayat yang merupakan mahasiswa berprestasi dari Fakultas Psikologi UGM. Isnan menyampaikan dalam materinya, "Gabungkanlah materi keislaman yang disampaikan dengan potensi yang dimiliki pelajar,Dengan begitu, mereka akan lebih tertarik dengan apa yang kita sampaikan" paparnya.
Disamping itu, trainer juga menyampaikan pentingnya bagi para mentor mengetahui dan memahami para mentee-nya. Dari kepahaman itu, mentor akan semakin mudah mengarahkan mentee-nya menjadi lebih baik.
Super mentor (Supermen) merupakan pelatihan rutin yang diadakan LSM Sketsa setiap bulan, kurang lebih 40 mentor hadir dalam acara ini.
Syaifullah menambahkan, "Satu harapan, semoga semangat tersebut akan terus ada sesudah acara ini. Karena, tidak bisa dipungkiri, mentor adalah salah satu yang berperan aktif untuk mengubah pelajar Jogja menjadi semakin baik".
(Edupost)

0 comments:

Copyright © 2013 Sketsa Jogja and Blogger Templates - Anime OST.